Handaya Aji – Yoyok : Pacitan Masa Depan

Membela Masyarakat, untuk Keadilan dan Kebenaran

Balita Gizi Buruk di Pacitan Tak Tersentuh Jamkesda

Posted by handayaaji pada September 1, 2010

Balita Gizi Buruk di Pacitan Tak Tersentuh Jamkesda
Selasa, 24 Agustus 2010 06:06

Jakarta, 24/8 (SIGAP) – Seperti yang dilansir Antara, seorang balita penderita gizi buruk dan kebocoran jantung asal Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tak mendapat fasilitas jaminan kesehatan daerah (jamkesda) maupun jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas). Dikabarkan, kondisi balita bernama Jamiaturrohmah itu semakin memprihatinkan, mengingat latar belakang kedua orang tuanya yang selama ini hidup di bawah garis kemiskinan.

Menurut Rochman, ayah kandung Jamiaturrohmah, Selasa (23/8) mengakui, dirinya sudah tidak mampu lagi membiayai pengobatan anaknya. Saat ini, Jamiaturrohmah dibiarkan “berjuang” melawan sakitnya sendirian. Dituturkan Tuty, ibu kandung Jamiaturrohmah, derita anaknya telah dialami sejak ia baru lahir pada 1 Oktober 2009 lalu. Saat itu kata Tuty, dokter yang menangani proses persalinan mengatakan anaknya mengalami penyempitan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, dokter juga mendiagnosa bahwa jantung Jamiaturrohmah juga mengalami kebocoran.

“Pergerakan anak kami sangat terbatas lantaran ada kelainan pada sendi kaki kanannya. Kondisi yang dialami itulah yang membuat tubuhnya tidak mampu memproduksi gizi yang mencukupi untuk pertumbuhannya,” papar Tuty.

Ironis, meski kondisi balita malang tersebut telah terdeteksi sejak awal, belum ada layanan kesehatan memadai diberikan pemerintah melalui polindes maupun puskesmas setempat.

“Kami sebenarnya telah upayakan agar Jamiaturrohmah mendapat jamkesmas serta jamkesda ke dinas kesehatan. Namun katanya kuotanya telah habis, sekarang masih diusulkan untuk dimasukkan tahun depan,” kata Kepala Desa Kembang, Tumaji.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sumber Daya (PSD) Dinas Kesehatan Pacitan, Ari Priyambodo membenarkan bahwa balita Jamiaturrohmah memang belum mendapat kartu Jamkesda. Namun meski tak tercatat sebagai anggota Jamkesda, Ari menegaskan bahwasanya Jamiaturrohmah masih bisa mendapatkan hak bantuan pelayanan kesehatan. Caranya adalah dengan memberikan SPM (Surat Pernyataan Miskin) sebagai rekomendasi kepada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Pacitan.

“SPM dikeluarkan oleh Kesra dan hanya bisa digunakan untuk rumah sakit di wilayah Jawa Timur,” terangnya.
Terkait hal ini Asisten Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Ir Hapsari Laksmi Koestiati MM, mengatakan, pemerintah pusat telah menyediakan fasilitas kesehatan yang namanya Jamkesmas dan Jamkesda. Menurutnya, kedua program kesehatan pro rakyat ini di laksanakan oleh pemerintah daerah melalui dana APBD.

Ditambahkan Rieke, sapaan akrabnya, hal ini merupakan komitmen pemerintah pusat bagi masyarakat miskin yang membutuhkan fasilitas kesehatan. “Intinya adalah pemerintah memberikan fasilitas bagi orang miskin atau tidak mampu yang mendapat fasilitas berobat gratis,” jelas Rieke kepada SIGAP, Selasa (24/8).

Namun Rieke mensinyalir kebijakan tersebut sering disalahgunakan oleh masyarakat karena kedekatan atau terjadi KKN dengan pengelola. Bahkan katanya, program kesehatan ini dapat diperjual belikan. “Hal ini adalah realita yang terjadi di masyarakat, sangat ironis,” geram Rieke. Ketika ditanya sulitnya prosedur pengurusan Jamkesmas maupun Jamkesda oleh masyarakat, Rieke menjelaskan, ada persyaratan yang harus dilaksanakan dengan katagori orang miskin, dan bila orang tersebut sangat miskin perlu dibantu. “Ironis sekali bila tidak,” jelasnya.
Terkait berbelitnya pengurusan Jamkesmas dan Jamkesda, menurut Rieke, seharusnya hal ini difasilitasi oleh Pemda setempat melalui penanggung jawab masyarakat berjenjang daerah setempat, seperti RT, RW, lurah, camat dan dinas setempat. (laporan rusman/ant)

<>
Sumber :
http://sigapbencana-bansos.info/berita/3707-balita-gizi-buruk-di-pacitan-tak -tersentuh-jamkesda.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: