Handaya Aji – Yoyok : Pacitan Masa Depan

Membela Masyarakat, untuk Keadilan dan Kebenaran

Ke Kejari, Warga Pacitan Serahkan Bukti Korupsi

Posted by handayaaji pada September 1, 2010

Ke Kejari, Warga Pacitan Serahkan Bukti Korupsi
Politikindonesia – Korupsi benar-benar telah menjadi musuh bersama. Setidaknya hal itulah yang telah ditunjukkan warga Pacitan ketika menemukan dugaan korupsi beberapa kegiatan Pemerintah Kabupaten Pacitan yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Bagusnya, mereka tak sekadar berunjuk rasa tetapi juga menyerahkan setumpuk bukti ke Kantor Kejaksaan Negeri Pacitan dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Hal lain yang membanggakan, dugaan korupsi itu tak didapatnya dari tong sampah tetapi didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak tahun 2006 hingga 2009.

“Apa yang kami sampaikan ini berdasarkan resume BPK. Kalau kita baca, terjadi dugaan penyimpangan dalam beberapa pos anggaran APBD yang digunakan untuk beberapa kegiatan,” jelas salah satu perwakilan massa, Abdul Muid Anwar ketika bertemu Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan, Fachri, Kamis (29/07).

Mantan Wakil Bupati Pacitan periode 2000-2005 itu menambahkan, dalam LHP BPK tersebut disebutkan, kerugian negara yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp32 miliar. Sedang proyek yang diduga terjadi penyimpangan di antaranya, pembebasan tanah dalam pembangunan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan seluas 14,5 hektar, revitalisasi tambak udang serta ganti rugi.

Lalu kompensasi sewa tanah milik Pemerintah Kabupaten di Pantai Wisata Teleng Ria, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan ke pengelola swasta PT El John Tirta Emas Pariwisata, dan realisasi anggaran perjalanan dinas kepala dan wakil kepala daerah sebesar Rp697 juta, yang diduga tidak dilengkapi dengan bukti yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Fachri menyambut baik laporan masyarakat ini. “Kami akan menyelidiki dulu. Jika ditemukan ada unsur kerugian keuangan negara, kami akan menindaklanjutinya ke tingkat penyidikan,” katanya. Menurutnya, aksi masyarakat ini membuktikan komitmen masyarakat untuk ikut serta memberantas dugaan korupsi yang merugikan negara.
(sa/yk)

Sumber : http://www.politikindonesia.com/index.php?k=nusantara&i=8261 <>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: